Kamis, 11 April 2013

Tempat Wisata Di Sumedang


12 Tempat Wisata Di Sumedang, Jawa Barat, Indonesia



Di Sumedang terdapat beberapa tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika kita berkunjung ke daerah yang terkenal dengan tahunya ini. Supaya kalian tidak bingung ingin berkunjung ke mana, di bawah ini ada beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi...
1. Taman Telor


Taman yang terletak di tengah kota Sumedang dengan ciri khas Tugu berbentuk telur yang disangga dua telapak tangan. Berada di persimpangan jalan menuju Situraja.

2. Citengah


Citengah adalah sebuah desa yang berada di daaerah Sumedang Selatan. Sebenarnya tempat ini tidak jauh berbeda dengan tempat ikan bakar lainnya menunya pun terbilang biasa saja mulai dari ikan bakar, ayam bakar dan lain – lain , namun menurut saya yang paling menarik adalah suasana tempat makan yang berada di atas balong (kolam ikan) yang isi ikannya pun terbilang jumbo bahkan ada ikan mas yang panjangnya hampir 1 meter.

3. Pemandian Air Panas Buahdua


Pemandian air panas Cileungsing Buahdua Sumedang terletak di desa Cilangkap Kec. Buahdua Kab. Sumedang. Pemandian air panas Cileungsing sering disebut Cipanas Cileungsing Buahdua. Cipanas Cileungsing berada di kaki gunung Tampomas sebelah utara kota Sumedang.  

4. Gunung Tampomas


Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya di sebelah utara kota Sumedang. Stratovokalno dengan ketinggian 1684 meter ini juga memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung. Gunung Tampomas berada di utara wilayah Kab. Sumedang. Secara administratif, kawasan Tampomas berada di tiga kecamatan, yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka dan Tanjungkerta.  

5. Gunung Kunci


    Gunung kunci adalah bukit kecil yang terletak sekitar250 m di sebelah barat alun-alun kota Sumedang.

6. Kampung Toga


Lokasi KAMPUNG TOGA sekitar 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang, dengan ketinggian 650 DPL koordinat S 06.52.35.1, E 107.54.34.5 dengan nuansa perbukitan yang asri dan pemandangan kota Sumedang serta hamparan sawah dan sungai yang dapat dinikmati dengan wisata dirgantara yaitu Paralayang dan gantole.
Alamat Kampung Toga :
Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn Puyuh Desa Sukajaya- Sumedang Selatan, Jawa Barat
Telp/Fax (0265)206567

7. Air Terjun Cigorobog


Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Sumedangdan bisa ditempuh dengan menggunakan berbagai kendaraan. Sayangnya kondisi jalan menuju ke sana tidak mulus.
Setiba di tempat parkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dengan pemandangan di kanan dan kii berupa lahan pertanian penduduk setempat.

8. Taman Rekreasi Pangjugjugan


Alam wisata Pangjugjugan merupakan sebuah tempat wisata yang sangat asri di Sumedang, Jawa Barat. Berada di atas perbukitan dengan suhu yang sejuk dan pemandangan alam yang memesona, lokasi ini pun di dukung berbagai macam fasilitas rekreasi dan arena bermain anak.
Alam wisata Pangjugjugan tepatnya beradadi Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kec. Panulihan, Kabupaten Sumedang.

9. Museum Geusan Ulun


Museum Prabu Guesan Ulun terletak di tengah kota Sumedang, 50 meter dari Alun-alun ke sebelah selatan, berdampingan dengan Gedung Bengkok atau Gedung Negara dan berhadapan dengan Gedung-gedung Pemerintah. Jarak dari Bandung sekitar 45 km, sedangkan jarak dari Cirebon sekitar 85 km.

10. Alun-alun Sumedang


Monumen ini merupakan icon kota Sumedang. Terletak tepat di pusat kota Sumedang dalam rangka memperingati figure yang sangat penting dalam sejarah yaitu Pangeran Soeriatmaja. Monumen ini dibengun pada tanggal 25 april 1992.

11. Kebun Teh Margawindu


Sejak dulu Sumedang memiliki kawasan teh yang bernama Margawindu yang terletak di kawasan perbukitan Desa Citengah, kecamatan Sumedang Selatan.    
Mungkin tidak seperto kawasanperkebunan teh di Puncak, pengunjung diuntungkan dengan suasana yang jauh lebih asri dan alami di kawasan tersebut. Bisa dikatakan juga belum menjadi orang Sumedang jika belun pernah berkunjung ke perkebunan teh Margawindu.

12. Taman Dinosaurus


Lokasi museum ini kurang lebih 2,5 meter dari Taman Safari Bogor arah ke Puncak. Tiket masuk sebesar Rp. 6000/orang dikenakan untuk menikmati isi museum ini. Suasana zaman purba sudah mulai mendominasi sejak pembelian tiket masuk, di mana tempat melakukan transaksi pembayaran berupa mulut binatang purba

Nah, itu semua beberapa tempat wisata yang terdapat di Sumedang. Gimana informasinya, menarik kan ? Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi tempat wisata yang ingin dikunjungi di Sumedang. Wilujeung Sumping..!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

waw,,,,,,,menarik sekali tempat2 wisata disumedang.jadi pengen berkunjung

edoot mengatakan...

Sebagai orang sumedang,saya merasa bangga walaupun belum semua tempat di atas saya kunjungi. hatur nuhun infonya.

Posting Komentar