Senin, 22 April 2013

Cara Mengatasi Bad Mood

      Sebagai anak remaja, kalian pasti pernah mengalami bad mood kan? Kadang-kadang kalian mengalami hari yang buruk atau dalam keadaan mood yang buruk tanpa alasan tertentu. Mungkin kalian tidak bisa tidur nyenyak di malam hari atau hanya lelah oleh masalah kehidupan sehari-hari. 
      Wajar kalau kalian sering merasa bad mood, tapi jika terlalu larut dalam mood yang jelek juga tidak bagus. Masih banyak yang bisa dilakukan selain memikirkan hal yang tidak penting dan membuat otak jadi mumet. 
     Tips berikut ini mungkin bisa membantu kalian mengatasi mood yang jelek dan membuat pagi yang buruk menjadi sore yang menakjubkan.


1. Masa depan tidak bergantung pada masa lalu 
Jangan percaya pada prasangka. Hanya dengan tangan kamulah keberuntungan bisa dirubah, karena tidak ada yang bisa menilai masa depan berdasarkan masa lalu. Singkirkan pikiran negatif dan lakukan pendekatan dengan pikiran positif. Kamu dapat membimbing keberuntungan kamu, cukup mengambil kendali dari hidup kamu dan menemukan keberanian untuk melakukan hal-hal yang selalu kamu inginkan.

2. Mencoba hal baru

Pengalaman baru disiang hari dapat menemukan keajaiban. Bahkan penemuan perasaan yang baru dan pengertian yang berbeda dapat membebaskan kamu dari suasana hati yang buruk. Berbicara dengan orang-orang baru, membaca novel yang belum pernah kamu baca sebelumnya, melakukan hal yang kamu sukai atau mendengarkan musik yang membuat kamu bahagia. Kamu juga dapat mencoba meditasi selama 10 sampai 20 menit sehari, untuk mengisi pikiran kamu agar lebih damai.

3. Menikmati matahari dan udara segar

Ambil istirahat disela aktivitas dan berdiri di samping jendela cerah. Nikmati sinar matahari dan minum secangkir kopi untuk memperkuat tubuh kamu. Sementara itu, matahari akan meningkatkan tingkat vitamin D dalam tubuh, yang akan meningkatkan suasana hati yang baik bagi kamu. Jika kamu memiliki waktu luang untuk berjalan-jalan, cobalah pergi ke pegunungan. Udara yang sejuk dan indahnya suasana di pegunungan akan membuat hati kamu menjadi rileks.

4. Hindari orang yang sedang "depresi"
Ingat optimisme yang menular, seperti penderitaan! Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang dapat mengisi hari-hari kamu dengan harapan, kamu tentu dapat dengan mudah mengatasi insiden yang tidak menyenangkan di hari itu. Sedangkan, jika orang-orang di sekitar kamu yang pesimis dan dalam keadaan depresi terus menerus, itu mungkin yang akan membuat kamu merasa lebih bad mood dan menghancurkan harapan kamu untuk mengubah suasana hati kamu.

5. Tempelkan foto keluarga dan teman-teman di pintu lemari es
Rata-rata kamu kungkin mengunjungi lemari es sekitar 10 kali sehari. Sebuah penelitian baru menunjukkan, bahwa orang yang paling bahagia telah menempatkan foto-foto keluarga atau dengan teman-teman yang mengarah pada kenangan indah pada pintu kulkas. Kamu harus mencobanya!

6. Pikirkan sebuah cerita lucu
Bayangkan satu orang yang menurutmu menjengkelkan dan membuat karakter lucu di kepalamu. Bayangkan kamu berada di sebuah cerita yang lucu atau membaca cerita yang membuat kamu tertawa. Tanpa kamu sadari, itu akan membentuk senyum di bibir mu. 

7. Membuat catatan

Biasakan tangan kamu selalu berinteraksi dengan buku harian dan menggambarkan setiap kegiatan yang positif yang kamu jalani setiap hari. Mungkin kamu memiliki beberapa momen bagus saat akhir pekan. Kamu akan segera menyadari bahwa ketika kamu terbiasa dengan proses ini. Setelah terbiasa, kamu coba menulis di kalender mu saat-saat bahagia yang kamu alami, dan ini akan membuat kamu merasa lebih baik.

8. Ubah pengalaman negatif menjadi peluang
Buatlah daftar lima sampai sepuluh hal yang salah dihari ini dan membacanya keras-keras. Umumnya, ketika kamu mendengarkan masalah yang kamu alami ... Kamu dapat melihat masalah itu dengan lebih tenang dan dapat melihat seberapa kecil masalah itu dalam realita. Jangan melihat segala sesuatu sebagai hitam atau putih karena ada daerah abu-abu!


     Jadi, mengatasi bad mood tidak terlalu sulit asalkan kamu benar-benar ingin mengubah suasana hati dan menikmati kesenangan kecil dalam kehidupanmu. Dan jagan melihat sesuatu yang kecil menjadi masalah yang besar yang akan membuat kamu down. Hadapilah semua masalah dengan tenang dan tetap tersenyum


Catatan : Kemarin adalah kenangan
               Hari ini adalah kenyataan
               Esok hari adalah impian
               Entah kenangan itu manis atau pun pahit, 
               impian untuk esok harus tetap berjalan...

0 komentar:

Posting Komentar